Sabtu, 16 Juni 2012

RPP kelas XII IPS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.      Identitas
Nama Sekolah                    : SMA Negeri 8 OKU
Mata Pelajaran                   : Geografi
Kelas / Semester                 : XII.IPS-1 / 1

B.       Standar Kompetensi           : 1. Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan
C.       Kompetensi Dasar              : 1.1 Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan Pemetaaan
D.      Indikator
1.        Melalui membaca dan diskusi siswa dapat menunjukkan komponen-komponen peta. (berpikir logis, jujur , kreatif, percaya diri, kritis,kerja sama, saling menghargai).

E.       Alokasi Waktu                   : 9 x 45 menit (3 kali pertemuan)
F.       Tujuan Pembelajaran
1.        Siswa dapat menunjukkan komponen-komponen peta dengan benar.
G.      Materi Pembelajaran
1.        Komponen-komponen peta
H.      Metode Pembelajaran      :
1.        Pendekatan        : CTL
2.        Metode              : Diskusi
3.        Model                : Numbered Heads Together
I.         Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah             :
Pertemuan 1                  :
1.        Kegiatan awal          :
a.     Memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan benda yang menarik, memberikan illustrasi, membaca berita di surat kabar, menampilkan slide animasi dan sebagainya.
b.     Apersepsi : memberikan persepsi awal kepada peserta didik tentang materi yang akan diajarkan
c.     Motivasi : Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari peta, bidang-bidang pekerjaan berkaitan dengan peta, dsb.
d.     Pemberian Acuan : Guru memberi penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar.
e.     Pembagian kelompok belajar dan penjelasan mekanisme pelak­sana­an pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran).

2.        Kegiatan inti (tatap muka) :
Eksplorasi :
a.        Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
b.        Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
c.        Siswa mencari pengertian peta, macam-macam jenis peta, tujuan dan fungsi pembuatan peta serta komponen-komponen peta dari berbagai referensi yang relevan.
d.        Secara kelompok, siswa mengidentifikasi komponen peta pada atlas
Elaborasi :
a.        Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya.
b.        Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.  
c.        Siswa menuliskan hasil mengidentifikasi komponen peta pada atlas pada format yang sudah disediakan.

Konfirmasi :
a.        Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan maupun tulisan
b.        Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil identifikasi komponen peta pada atlas melalui berbagai sumber.
c.        Guru memberikan kesimpulan atas semua pendapat atau jawaban yang dikemukakan oleh siswa.

3.        Kegiatan Penutup    :
a.     Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan.
b.     Guru memeriksa hasil belajar peserta didik. Dapat dengan memberikan tes tertulis atau tes lisan atau meminta peserta didik untuk mengulang kembali simpulan yang telah disusun atau dalam bentuk tanya jawab dengan mengambil ± 25% peserta didik sebagai sampelnya.
c.     Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di rumah atau tugas sebagai bagian remidi­/pengayaan.

Penugasan terstruktur :
a.         

Amatilah baik-baik gambar di atas, dan lengkapi nomor-nomor komponen peta dengan pernyataan yang ada


Kegiatan mandiri tidak terstruktur  :
a.        Klasifikasikan simbol-simbol peta berdasarkan :
1.        Bentuknya
2.        Sifatnya
3.        Fungsinya

J.        Sumber/Bahan/Alat Belajar :
1.   Sumber:Aryono Prihandito, (1989).  Kartografi. Yogyakarta: Mitra Gama Widya
2.   Buku Geografi yang relevan
3.   Atlas
4.   Globe
5.   Denah

K.       Penilaian :
1.   Tes :
a.   Tes tertulis: Uraian terstruktur (terlampir)
2.   Non Tes :
Pengamatan perilaku siswa ketika berdiskusi dan mempresentasikan hasil kerja kelompok (terlampir)


Mengetahui :
Kepala SMA Negeri 8 OKU,




Teguh Asri, S.Pd., M.Si
NIP. 196408051993021001

SMA N 8 OKU,  Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Purnomo, S.Pd
NIP. 197701212005011003



Lampiran Soal Tes :

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·   Menunjukkan komponen-komponen peta








Tes tertulis










Uraian terstruktur









Tunjukkan komponen-komponen peta pada peta di bawah ini !




        RUBRIK PENILAIAN
        Menunjukkan Komponen-komponen Peta

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai/skor maksimal
Jumlah skor
Judul Peta
Skala Peta
Petunjuk Arah
Sumber/ Tahun Peta
Inset Peta
Garis Lintang
Garis Bujur
Garis Tepi
1
1
1
2
1
1
1
2
10



































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar