RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
Identitas
Nama Sekolah : SMA Negeri 8 OKU
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Semester : XII.IPS-1 / 1
B.
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan keterampilan dasar
peta dan pemetaan
C.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan
prinsip-prinsip dasar peta dan Pemetaaan
D.
Indikator
1.
Melalui
membaca dan diskusi siswa dapat menunjukkan
komponen-komponen peta.
(berpikir logis, jujur , kreatif,
percaya diri, kritis,kerja sama, saling menghargai).
E.
Alokasi Waktu : 9 x 45 menit (3 kali pertemuan)
F.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menunjukkan
komponen-komponen peta dengan benar.
G.
Materi Pembelajaran
1.
Komponen-komponen
peta
H.
Metode
Pembelajaran :
1.
Pendekatan : CTL
2.
Metode : Diskusi
I.
Kegiatan
Pembelajaran
Langkah-langkah :
Pertemuan
1 :
1.
Kegiatan
awal :
a.
Memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan,
dengan cara menunjukkan benda yang menarik, memberikan illustrasi, membaca
berita di surat kabar, menampilkan slide animasi dan sebagainya.
b.
Apersepsi : memberikan persepsi awal kepada peserta didik
tentang materi yang akan diajarkan
c.
Motivasi : Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari
peta, bidang-bidang pekerjaan berkaitan dengan peta, dsb.
d.
Pemberian Acuan : Guru memberi penjelasan materi pokok
dan uraian materi pelajaran secara garis besar.
e.
Pembagian kelompok belajar dan penjelasan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran).
2.
Kegiatan
inti (tatap muka) :
Eksplorasi
:
a.
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap
kelompok mendapat nomor.
b.
Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok
mengerjakannya
c.
Siswa
mencari pengertian peta, macam-macam jenis peta, tujuan dan fungsi pembuatan
peta serta komponen-komponen peta dari berbagai referensi yang relevan.
d.
Secara kelompok, siswa mengidentifikasi komponen peta pada atlas
Elaborasi :
a.
Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan
memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya.
b.
Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor
yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka. Tanggapan dari teman yang
lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
c.
Siswa
menuliskan hasil mengidentifikasi komponen peta pada atlas pada format yang
sudah disediakan.
Konfirmasi :
a.
Guru
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan maupun tulisan
b.
Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil identifikasi
komponen peta pada atlas melalui berbagai sumber.
c.
Guru
memberikan kesimpulan atas semua pendapat atau jawaban yang dikemukakan oleh
siswa.
3.
Kegiatan
Penutup :
a.
Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat
rangkuman/simpulan.
b.
Guru memeriksa hasil belajar peserta didik. Dapat dengan
memberikan tes tertulis atau tes lisan atau meminta peserta didik untuk
mengulang kembali simpulan yang telah disusun atau dalam bentuk tanya jawab
dengan mengambil ± 25% peserta didik sebagai sampelnya.
c.
Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar
kelas, di rumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.
Penugasan terstruktur :
a.
Amatilah baik-baik gambar di atas, dan
lengkapi nomor-nomor komponen peta dengan pernyataan yang ada
Kegiatan mandiri tidak
terstruktur :
a.
Klasifikasikan
simbol-simbol peta berdasarkan :
1.
Bentuknya
2.
Sifatnya
3.
Fungsinya
J.
Sumber/Bahan/Alat Belajar :
1. Sumber:Aryono Prihandito, (1989). Kartografi. Yogyakarta:
Mitra Gama Widya
2. Buku Geografi yang relevan
3. Atlas
4. Globe
5. Denah
K. Penilaian :
1.
Tes
:
a.
Tes
tertulis: Uraian terstruktur (terlampir)
2.
Non
Tes :
Pengamatan
perilaku siswa ketika berdiskusi dan mempresentasikan hasil kerja kelompok (terlampir)
Mengetahui :
Kepala SMA Negeri 8 OKU,
Teguh Asri,
S.Pd., M.Si
NIP.
196408051993021001
|
|
SMA N 8 OKU, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,
Purnomo, S.Pd
NIP. 197701212005011003
|
Lampiran
Soal Tes :
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Menunjukkan komponen-komponen peta
|
Tes
tertulis
|
Uraian terstruktur
|
Tunjukkan komponen-komponen peta pada peta
di bawah ini !
|
RUBRIK PENILAIAN
Menunjukkan Komponen-komponen Peta
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai/skor maksimal
|
Jumlah skor
|
|||||||
Judul Peta
|
Skala Peta
|
Petunjuk Arah
|
Sumber/ Tahun Peta
|
Inset Peta
|
Garis Lintang
|
Garis Bujur
|
Garis Tepi
|
|||
1
|
1
|
1
|
2
|
1
|
1
|
1
|
2
|
10
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar